Sejarah Singkat



SEJARAH SINGKAT TERBENTUKNYA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BIAK NUMFOR

Dinas Lingkungan Hidup didirikan pada tanggal 31 Desember 2012. Di awal berdirinya Dinas Lingkungan Hidup berbentuk Badan, dan pada tahun 2017 berubah menjadi Dinas Lingkungan Hidup. Pada tahun 2013 Badan Lingkungan Hidup sudah mampu menorehkan prestasinya yaitu membawa Kabupaten Biak Numfor menerima penghargaan Piagam Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup. Sedangkan pada tahun 2014 melalui program kegiatannya, Badan Lingkungan Hidup membawa Kabupaten Biak Numfor mendapatkan penghargaan Piala Adipuranya yang pertama kali sebagai salah satu Kota Kecil Terbersih Tingkat Nasional tahun 2014.

Dari 10 (sepuluh) program/kegiatan yang telah dilaksanakan olen Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Biak Numfor pada tahun anggaran 2015, terdapat beberapa kegiatan yang cukup membanggakan Kabupaten Biak Numfor yang telah di capai oleh Badan Lingkungan Hidup. Diantaranya dari Program Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup, yaitu pada kegiatan Koordinasi Penilaian Kota Sehat/Adipura dan Sosialisasi Pembinaan Adipura, Sosialisasi dan Pembinaan Sekolah Adiwiyata dan Kegiatan Penyusunan Kebijakan Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup.

Pada Kegiatan Koordinasi Penilaian Kota Sehat/Adipura dan Sosialisasi Pembinaan Adipura telah membuahkan hasil terpilihnya Kabupaten Biak Numfor sebagai salah satu “Kota Kecil Terbersih Tingkat Nasional” tahun 2015.

Pada tahun 2015 juga Kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Sekolah Adiwiyata (Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan) menghasilkan 7 (tujuh) sekolah dari Kabupaten Biak Numfor terpilih sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten dan Propinsi yaitu :

  1. SD Inpres Samofa
  2. SD Inpres Angkasa
  3. SMP Negeri 1
  4. SMP Negeri 5
  5. SMK Negeri 1
  6. SMA YPK 2 Biak
  7. SMA Negeri 2 Biak

Dari 7 (tujuh) sekolah tersebut diatas, 5 (lima) diantaranya terpilih sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional yaitu :

  1. SD Inpres Samofa
  2. SD Inpres Angkasa
  3. SMP Negeri 1
  4. SMP Negeri 5
  5. SMK Negeri 1

Sedangkan Kegiatan Penyusunan Kebijakan Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup Tahun 2015 menghasilkan dokumen SILHD (Sistem Informasi Lingkungan Hidup Daerah) Kabupaten Biak Numfor, mendapatkan penghargaan sebagai Penyusun Laporan SILHD Terbaik Ekoregion Papua.

Pada tahun 2016, 2017 dan 2018 Dinas Lingkungan hidup kembali membawa Kabupaten Biak Numfor mendapatkan Piala Adipura pada Kegiatan Koordinasi Penilaian Kota Sehat/Adipura dan Sosialisasi Pembinaan Adipura, yaitu terpilihnya kembali Kabupaten Biak Numfor sebagai salah satu “Kota Kecil Terbersih Tingkat Nasional”